Valentino Rossi Bingung Kompetitif di Thailand

Valentino Rossi MotoGP Thailand

Duo pebalap Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi berhasil meraih hasil yang positif di hari pertama MotoGP Thailand dimana kedua pebalap tersebut berhasil menjadi yang tercepat pertama dan kedua di latihan bebas pertama.

Di latihan bebas kedua, Vinales berhasil menjadi tercepat kedua dan Valentino Rossi di posisi kesembilan. Namun, jarak antara Valentino Rossi dengan Dovizioso yang menjadi tercepat di latihan bebas kedua sangatlah dekat, yaitu 0.3 detik.

“Kami menggunakan motor yang sama seperti sebelumnya, namun kami memiliki grip (cengkraman ban -red) yang lebih baik di sini sehingga hasilnya lebih baik,” ucap Rossi seperti dikutip dari Crash.

“Aragon adalah bencana bagi kami karena kami tidak memiliki grip sama sekali. Di sini (Thailand -red), di atas kertas kami akan kesulitan, namun hari ini kami justru kompetitif,”

“Di latihan bebas pertama sangatlah fantastis bagi kami karena berhasil berada di posisi pertama dan kedua meski hal ini bisa juga karena banyak pebalap tidak menggunakan ban baru di latihan pertama tersebut sehingga saya rasa hasil tersebut tidak menggambarkan kondisi sesungguhnya,”

Valentino Rossi mengaku bahwa dirinya belum banyak melakukan modifikasi pada motornya di hari pertama namun puas karena masih berada di sepuluh besar dan hanya terpaut 0.3 detik dari pebalap tercepat di latihan bebas kedua, Andrea Dovizioso.

“Saya mengetahui bahwa Vinales melakukan banyak modifikasi pada keseimbangan motornya sementara saya masih mengerjakan pengaturan secara normal,”

“Saya tidak mengetahui apakah Vinales sangat cepat karena modifikasi tersebut atau tidak, namun yang jelas ia sangat cepat baik di latihan bebas pertama dan kedua.”

“Khususnya di latihan bebas kedua, dimana 95% pebalap sudah mulai memperbaiki catatan mereka. Hasilnya, Vinales berhasil berada di posisi kedua dan juga memiliki kecepatan yang sangat bagus,”

Namun, kekhawatiran utama Yamaha yang saat ini membuat catatan terburuk mereka dengan tidak meraih kemenangan dalam 23 seri MotoGP adalah bahwa mereka belum mengetahui secara detail mengapa mereka kompetitif di beberapa lintasan dan menderita di lintasan lainnya.

“Saya tidak mengetahuinya…kami tidak mengetahuinya,” lanjut Rossi.

“Anda melaju di lintasan dan tiba-tiba memiliki grip yang lebih baik sehingga dapat mendorong lebih jauh. Aragon sangat sulit bagi kami, namun kenapa? kami tidak mengetahuinya,”

“Masalahnya adalah kami tidak mengetahuinya. Yamaha juga tidak mengetahuinya,” tutup Rossi.

Valentino Rossi sendiri terlihat menggunakan double wing fairing saat latihan bebas hari pertama dan mengaku masih belum yakin akan menggunakannya karena merasa tidak ada perbedaan dengan versi sebelumnya.

Berikut detail video double wing fairing yang digunakan oleh Valentino Rossi

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *