Giacomo Agostini: Yamaha Harus Dengarkan Rossi

Rossi dan Agostini

Legenda dan pemegang record kemenangan terbanyak di seri MotoGP, Giacomo Agostini, mengatakan bahwa Yamaha harus mendengarkan feedback dari Valentino Rossi untuk mengakhiri krisis kemenangan yang melanda Yamaha saat ini.

Yamaha mengalami krisis yang menyebabkan para pebalapnya tidak mampu bersaing dengan pebalap teratas MotoGP.

Agostini yang juga pernah membalap untuk Yamaha menyebut bahwa Rossi mempunyai pengaruh yang besar dalam tim Yamaha. Ia juga mengakui bahwa pebalap asal Italia tersebut telah memberikan banyak hal untuk Yamaha.

“Valentino mempunyai pengaruh yang cukup besar di pabrikan Yamaha. Dia telah memberikan banyak kemenangan dan kegembiraan, termasuk gelar juara dunia,” kata Agostini seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

“Yamaha harus mendengarkan petunjuk dari Valentino meski saya tidak mengetahui apakah Valentino telah memberi petunjuk yang tepat atau tidak,”

Pria asal Italia tersebut melanjutkan bahwa seorang pebalap harus memberikan feedback yang jelas kepada para insinyur pengembang motor. Hal ini karena yang dapat merasakan peforma dari sebuah motor adalah pebalap, bukan insinyur.

“Pebalap yang baik harus memberikan feedback dan petunjuk yang terukur serta jelas kepada para insinyur mereka,”

“Insinyur tidak membalap atau menunggangi motor sehingga tidak memiliki perasaan terkait dengan peforma pada motor,” lanjut Agostini.

Agostini kemudian menceritakan pengalamannya saat masih aktif membalap bersama Yamaha dan memberikan feedback untuk pengembangan motor.

“Saat saya masih membalap bersama Yamaha, saya membawa beberapa feedback yang kemudian menjadi sebuah solusi. Hasilnya, bersama para pebalap penguji jepang lainnya, kami dapat membuat kemajuan dan kompetitif.” tutupnya.

Yamaha saat ini sedang mengalami krisis kemenangan terburuk mereka sejak musim 1997 – 1998 dan Valentino Rossi merupakan salah satu pebalap yang terus kritis dengan hal ini.

Rossi sendiri tetap dapat membuktikan sebagai pebalap tercepat Yamaha di MotoGP Aragon dengan berhasil menyelesaikan balapan di posisi kedelapan dan kokoh di posisi ketiga klasemen kejuaraan MotoGP 2018.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *