Rossi Kecewa dengan Hasil MotoGP Misano 2018

Valentino Rossi MotoGP Misano 2018

Pebalap Yamaha, Valentino Rossi berharap dapat bertarung untuk merebutkan podium di MotoGP Misano setelah merasa memiliki kecepatan yang bagus dan dapat kompetitif pada sesi latihan bebas, Sabtu (8/9/2018).

Namun, harapan tersebut sirna karena catatan waktu Rossi di balapan malah lebih lambat dibandingkan saat latihan bebas dan harus puas menyelesaikan balapan kandang di posisi ke-7. Posisi Rossi di klasemen pun berhasil digusur oleh sang juara MotoGP Misano 2018, Andrea Dovizioso.

“Kami mengalami banyak kesulitan di balapan kali ini,” ungkap Rossi yang juga tidak dapat tampil di MotoGP Misano 2017 karena cedera.

“Ini adalah hasil yang memalukan karena tidak kompetitif di Misano, dihadapan para penggemar dan teman. Saya sendiri berharap akan kompetitif karena di latihan bebas kemarin, kecepatan kami cukup bagus untuk bersaing merebutkan podium,”

“Tapi karena beberapa alasan yang kami tidak paham, hari ini semuanya menjadi lebih sulit. Ini terlihat sejak sesi pemanasan dimana kami mulai mengalami masalah. Saya, Vinales dan Zarco mengalami masalah yang sama,”

“Padahal saat balapan siang ini kondisinya mirip dengan kemarin siang dan perasaan di motor dan ban cukup buruk di hari ini. Semuanya semakin sulit disemua bagian. Sepertinya, kami kehilangan banyak grip di ban,”

“Jadi saya mencoba secara maksimum, namun tetap saja kami tidak cukup cepat,”

“Dari lap pertama, saya memahami bahwa kondisinya tidak sama seperti kemarin dimana saya berhasil mencatatkan waktu yang lebih baik. Hari ini, kami bahkan hampir satu (1) detik lebih lambat dari kemarin”

Lalu, dimanakah masalahnya?

Para pebalap MotoGP pernah mengeluhkan permasalahan grip pada ban Michelin disetiap seri MotoGP terkait dengan cara Michelin berinteraski dengan karet ban Dunlop yang digunakan pada Moto2 dan Moto3.

Moto2 digelar lebih awal dari MotoGP dan menggunakan ban Dunlop dan hal ini dianggap menjadi masalah pada ban Michelin yang digunakan di MotoGP.

Namun, Rossi kemudian mengatakan, jika itu masalahnya, mengapa hanya terjadi pada Yamaha?

“Kami pernah membicarakan terkait dengan karet pada ban yang digunakan pada Moto2 beberapa waktu dulu. Kami tidak tahu apakah hal tersebut benar atau tidak. Dan kami tidak paham mengapa pada beberapa sirkuit, masalah grip ini lebih besar dibandingkan di sirkuit lainnya. Dan khususnya, masalah ini hanya terjadi pada kami saja.”

“Karena pada kenyataannya, Honda dan Ducati berhasil mencatatkan waktu yang sama seperti kemarin,”

“Jadi adalah hal yang aneh jika karet ban pada Moto2 hanya bermasalah pada Yamaha! Tapi tentu bisa saja seperti itu. Sayangnya, kami tidak tahu apakah itu benar atau tidak dan jika benar, maka kami tidak tahu mengapa.” tutup pebalap dengan julukkan The Doctor tersebut.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *