Rossi dan Vinales Senang Yamaha Tunjuk Folger Sebagai Pebalap Penguji

Jonas Folger MotoGP Jerman 2017

Duo Pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales mengaku gembira dengan kabar penunjukkan Jonas Folger sebagai pebalap penguji Yamaha musim depan untuk khusus Benua Eropa.

Musim lalu, Jonas Folger mampu tampil impresif meski hanya menyelesaikan 13 seri balapan. Salah satu performa terbaiknya adalah ketika ia berhasil meraih podium kedua di MotoGP Jerman 2017 dan berhasil menyelesaikan musim 2017 di posisi ke-10.

Mantan pebalap Yamaha Tech3 tersebut harus istirahat dan melewatkan empat (4) seri terakhir MotoGP 2017 untuk memeriksa kondisi kesehatannya yang menurun.

Folger sempat dikabarkan akan kembali membalap musim ini, namun akhirnya memutuskan untuk mundur dari kejuaraan MotoGP pada Januari 2018 untuk dapat memulihkan kondisi kesehatan dan mentalnya.

Folger divonis menderita sindrom Gilbert yang dapat membuatnya kelelahan sewaktu-waktu. Posisi Jonas Folger saat ini digantikan oleh pabalap asal Malaysia, Hafizh Syahrin.

“Saya sangat senang dengan keputusan ini,” ungkap Rossi.

“Saya dan Maio terus memaksa Folger untuk bisa membantu kami. Hal ini karena Folger memiliki kemampuan luar biasa. Selain itu, dia sangat muda dan bukan mantan pebalap. Artinya, dia dapat membalap M1 sama seperti saya dan Maverick dan dia dapat melakukan pekerjaan yang luar biasa khususnya pada masalah elektronik yang sangat penting untuk Yamaha saat ini,”

Hal senada juga dikatan oleh Vinales yang juga sangat senang dengan keputusan Yamaha tersebut.

“Pendapat saya bahwa Jonas (Folger) harusnya membalap di kejuaraan MotoGP, bukan sebagai pebalap ujicoba,” sebut Vinales merujuk peforma Folger di musim lalu.

“Tentu saja, kehadiran Jonas akan sangat baik buat kami karena dia benar-benar sangat cepat. Dia memiliki pengalaman dengan Yamaha dan juga merupakan pribadi yang sangat baik. Saya sendiri memiliki perasaan yang baik dengannya.”

“Jadi, kita lihat seperti apa kami dapat bekerja sama dan kami harap dapat membangun motor yang kompetitif.” tutup Vinales.

Sebelumnya, Jonas Folger terlihat berada di garasi Yamaha saat Valentino Rossi dan Vinales melakukan tes privat di sirkuit Aragon, Spanyol meski saat itu ia tidak melakukan ujicoba pada motor Yamaha.

Yamaha sendiri terus berusaha memperbaiki performa motornya yang saat ini masih jauh tertinggal dari pesaing utama mereka, Honda dan Ducati. Kemenangan terakhir Yamaha diraih pada MotoGP Assen musim lalu.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *