Marquez: Tidak Mungkin Membalap di Silverstone

Marc Marquez Latihan Bebas Silverstone 2018

Pemimpin klasemen sementara MotoGP 2018, Marc Marquez, adalah satu dari beberapa pebalap yang mengikuti press conference setelah keputusan dibatalkannya MotoGP Silverstone.

MotoGP Silverstone 2018 dibatalkan karena kondisi aspal baru yang berbahaya karena banyaknya air di lintasan yang sebelumnya telah memakan korban di FP4 dimana Tito Rabat mengalami cedera serius dalam insiden tersebut.

“Panitia melakukan meeting dengan komisi keselamatan balapan dan para pabalap dan kami duduk serta menganalisis bersama kondisi ini.” jelas Marquez seperti dikutip dari MotoGP.com

“Secara personal, saya dan semua pebalap ingin berterima kasih terhadap Dorna karena telah mendengar pendapat para pebalap. Kita telah melihat bersama insiden yang menimpa Tito Rabat yang sekarang berada di Rumah Sakit dengan cedera serius sehingga kami mempertimbangkan bahwa keamanan adalah hal yang utama dan tidak ada tawar menawar terkait hal ini”

“Saya kecewa (tidak dapat membalap di sini) dan dalam diskusi tersebut seseorang juga mengatakan bahwa MotoGP tidak pernah dibatalkan selama lebih dari 400 seri yang telah dijalani, tetapi memang kadang terdapat kondisi dimana balapan harus dibatalkan seperti kondisi saat ini”

Meski hujan mulai turun pukul 10.30 waktu setempat, namun sebenarnya hujan tersebut tidaklah begitu deras. Masalahnya adalah akumulasi air pada aspal baru Silverstone yang tidak segera berkurang karena masalah drainase sehingga dapat menyebabkan terjadinya aquaplaning.

“Anda tidak dapat membelokkan motor atau melakukan hal iannya. Itulah yang paling berbahaya” Jelas Marquez. “Memang ada beberapa area yang terdapat sedikit genangan air dengan beberapa “gundukan” namun banyak area yang memiliki genangan air dimana dengan kondisi tersebut akan sangat mudah untuk crash. Itulah masalahnya”

“Jika Anda membalap sendiri di lintasan dengan kondisi tersebut, maka Anda dapat mengatasi hal ini. Namun, dengan 24 pebalap di lintasan maka akan sangat berbahaya”

Marquez kemudian menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut, hanya Jack Miller satu-satunya pebalap yang ingin tetap melanjutkan balapan.

“Kami berbicara dengan Jack dimana waktu itu masih ada waktu untuk melakukan balapan, namun siapa yang dapat menggaransi setelah 3 lap tidak akan terjadi hujan kembali dan akan menyebabkan banyak pebalap mengalami aquaplaning dan insiden kecelakaan seperti kemarin atau bahkan lebih besar?”

“Sangat sulit bagi kami untuk memberikan keputusan terakhir karena kami semua ingin membalap dan kami juga melihat para fans sedang menunggu. Namun, terkadang kami harus tetap tenang untuk mengambil keputusan. Kami harap masalah seperti ini tidak akan muncul kembali.”

Dengan dibatalkannya MotoGP Silverstone 2018 maka artinya Marc Marquez tetap kokoh di puncak klasemen dengan selisih 59 poin dari posisi runner up, Valentino Rossi.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *