Lorenzo: Silverstone Seperti Lautan Saat Hujan

Lorenzo Sirkuit Silverstone

Lorenzo: Silverstone Seperti Lautan Saat HujanJorge Lorenzo mengeluhkan kondisi drainase sirkuit Silverstone setelah dilakukan perbaikan penambahan aspal. Menurut Lorenzo, kondisi Silverstone sangat berbahaya dan menakutkan jika terjadi hujan saat balapan nanti.

Pebalap Ducati yang berhasil mencatatkan diri sebagai pole position di MotoGP Inggris tersebut tercatat sebagai salah pebalap yang terlibat insiden di tikungan ke 7 di FP4 dimana air hujan tiba-tiba membanjiri bagian pojok tikungan tersebut. Lorenzo sendiri berhasil bertahan di motornya untuk tidak terjatuh dan keluar lintasan.

Seperti diketahui bahwa pada Februari 2018 lalu, sirkuit dilakukan perbaikan aspal pada Silverstone dan sayangnya banyak pebalap yang mengeluhkan masih banyaknya “gundukan” pada lintasan saat kondisi lintasan kering di hari Jumat.

“Saya pikir hari ini hujan tidak terlalu besar dan banyak air termasuk pada sektor dua. Tapi ketika Anda sampai tikungan dengan gigi empat atau lima, maka akan kaget karena kondisi lintasan seperti lautan. Tikungan tersebut dipenuhi dengan air dan sepertinya terdapat masalah pada drainase” Ucap Lorenzo

“Dibandingkan dengan sirkuit lainnya, saya rasa hujan kali ini tidak terlalu besar, namun sepertinya drainase tidak bekerja dengan baik. Sangat tidak mungkin bagi para pebalap menghentikan motor dengan kondisi seperti ini dan ini akan sangat berbahya.”

Setelah dilakukan diskusi, jadwal MotoGP Silverstone akhirnya dimajukan beberapa jam menjadi pukul 17.30 WIB, sebelumnya 19.00 WIB, dimana waktu tersebut umumnya digunakan oleh para pebalap Moto3.

Lorenzo mengaku senang dengan keputusan tersebut namun tetap saja memiliki perasaan yang sama dimana balapan di Silverstone tidak aman jika hujan kembali turun pada hari Minggu.

“Ini merupakan masalah yang penting untuk dibicarakan karena dengan kondisi aspal baru ini, kita mendapatkan masalah yang lebih besar dari sebelumnya” tambahnya.

“Para pebalap berada di area tertentu secara bersamaan dengan kecepatan tinggi. Dalam kondisi hujan lebat, saya yakin akan ada beberapa masalah karena air tidak segera keluar dari lintasan. Jika kembali hujan, maka saya setuju untuk tidak melanjutkan balapan atau menunggu untuk mencari solusi yang lebih baik” tutupnya.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *